Rabu, 15 Juni 2011

Telaga atau Samudra

Menjadi Telaga atau Samudera

Adib Nurhadi

Sungguh

Cinta mengubah

yang pahit menjadi manis

Debu beralih emas

Keruh menjadi bening

Sakit menjadi sembuh

Penjara menjadi telaga

Derita menjadi nikmat

Dan kemarahan menjadi rahmat

Cintalah yang melunakkan besi

Menghancur-leburkan batu karang

Membangkitkan yang mati

Dan meniupkan kehidupan padanya

Serta membuat budak menjadi pemimpin

(Jalaluddin Rumi)

Dalam renungan panjang dan pencarian yang tiada henti, tiba-tiba teringat

kembali sesuatu yang begitu berkesan mengenai sebuah tulisan yang judulnya

kira-kira sama. Ada yang perlu saya bagikan pada siapa pun. Karena pada

prinsipnya, kelegaan yang paling dalam adalah ketika kita mampu berbagi sesuatu yang

berkesan dengan tanpa jarak kesadaran akan hakikat kebaikan. Yang barangkali, jika

diterima mampu memberi manfaat, atau paling tidak, kesadaran—yang terkadang bagi

sebagian kita menjadi begitu menutupi—lantaran bangunan-bangunan bertembok tebal

begitu kuat kita dirikan untuk mengurung dari segala sisi penemuan yang didapatkan oleh

orang lain. Bisa jadi ini penting, karena, laksana sebuah pohon yang ditumbuhkan dalam

ruang, dengan penjara pot bagi akar-akarnya dan di bawah atap bagi daun-daunnya, akan

berbeda jauh pertumbuhannya dengan pohon yang dengan merdeka tumbuh di alam.

Memungkinkan dirinya dapat bersentuhan langsung dengan panas matahari, dalamnya

bumi bagi akar-akarnya, dan udara bebas bagi gerai daun-daunnya. Seperti cerita yang

pernah ditulis oleh Miranda Risang Ayu:

Konon jauh dipedalaman belantara, ada sebuah telaga. Kerimbunan pohon memayungi tepinya,

kerapatan perdu menyembuyikannya kecantikannya. Beberapa ekor rusa anggun bertekuk lutut melipat

kakinya, burung-burung membuat sarang di kanan-kirinya. Beberapa pucuk daun jatuh menyapa

permukaannya, dan telaga itu beriak-riak membentuk lingkaran terus membesar sampai tepi-tepi yang

kemudian hilang. Terdengar keributan hewan-hewan di sekitarnya, tetapi sayup-sayup. Suara yang

paling nyata adalah desiran angin di atasnya, atau bunyi katak terjun menyelami kedalamannya. Atau

sama sekali lenggang, ketika angin beristirahat bersama lelapnya alam sekelilingnya.

Telaga itu begitu tenang. Cuma ada riak-riaknya. Permukaanya yang bening mampu

membuat langit dan isi alam sekelilingnya dapat berkaca. Telaga itu di mana? Di bukubuku

cerita peri yang sedang mengaso bersama kupu-kupu bersayap indah dan bersama

kelinci-kelinci lucu? Atau berada pada legenda di ujung pelangi saat para bidadari turun

mandi? Atau dalam cerita pewayangan tempat para ksatria memulai tapa brata?

Telaga itu, di mana pun, ada sungguhan atau tidak ada, sering begitu nyata dalam

bangunan imajinasi manusia. Karena ketersembunyiannya, kesahajaanya, ketenangannya,

tentu saja telaga paling banyak dicari bagi pengembara yang letih kehausan, yang terletak

jauh di balik belantara, jauh di balik bumi, jauh di balik kedalaman jiwa.

Telaga siapakah? Jika Anda sedang lelah, telaga menjadi tempat terbaik untuk beristirahat

dengan semilir anginnya. Jika Anda sedang haus, telaga sangat baik untuk direguk karena

kesejukan dan higienis airnya begitu alami. Jika Anda merasa hampa, telaga adalah cermin

tempat ditemukanya kembali makna-makna. Telaga sendiri adalah sunyi yang cukup bagi

dirinya sendiri, ketika Anda tengah kehilangan orientasi dan sepi di tengah hiruk pikuk

kesibukan. Personifikasi telaga dapat bermacam-macam. Bisa orangtua, pasangan hidup, murabbi, kiai, ustadz, atau orang yang paling dekat di hati kita. Sebagian mereka adalah tamsil bagi telaga yang nyata. Namun, sebagian mereka ada yang menuntut agar telaga terpersonifikasi

senyata-nyatanya.* * * *

Seorang rekan yang berprofesi sebagi aktivis mengenyakkan badannya di emper sebuah

kampus. Senja itu hampir saja datang dengan iringan angin sepoi yang sejuk. Udara sejuk

masih ada, sesejuk air telaga. Lalu aktivis itu berkata pada dirinya sendiri, “ Aku sebel

dengan diriku sendiri, tetapi aku begitu capek harus selalu menjadi telaga….”

Oh, para aktivis penyampai idealisme dan kebenaran, apa kata dunia jika kalian ogah

menjadi telaga bagi sesama? Padahal, kalian diamanatkan Tuhan cinta—cinta yang tulus,

yang memberi tanpa pamrih, yang tidak mengambil, kecuali ala kadarnya, yang tenang dan

menenangkan.

Berbagai cerita kartun sampai nilai adat-istiadat mendukung tuntunan bahwa seorang yang

berjiwa besar harus memiliki dan mampu memberi telaga di tengah hutan pada siapa pun,

sehingga keberadaanya jauh memberi rasa nyaman dan aman. Seorang yang berjiwa besar

atau yang sedang berupaya mendapatkan kebesaran jiwa, harus terus berlatih menjadi

telaga yang ketenangannya tidak terusik oleh kebisingan dan hiruk pikuk di sekelilingnya,

sehingga setiap orang—bahkan dirinya sendiri—akan terus mencari. Dan sejuk

dihampirinya. Seseorang yang telah mendapatkan sentuhan kebenaran, konsekuensinya menyampaikan kebenaran pada yang lain, mewarisi kebeningan hati. Ia harus mampu menyederhanakan puluhan kalimat menjadi satu-dua kata, memeras kata-kata menjadi makna, dan membagikannya seperti membagikan segelas es teh pada siapa saja yang dahaga, tanpa

memandang bangsa, suku, perbedaan ideologi, perbedaan afiliasi politik, bahkan perbedaan agama! Ia harus selalu memberi ketenangan dan kesejukan.

Namun telaga manusia tidak berada di balik bajunya. Ketelagaan seseorang ada di balik

hatinya. Dan betapa kecilnya telaga itu. Ia bisa saja kering ketika kemarau panjang datang.

Atau kelebihan air ketika musim hujan datang, ia akan mengalirkannya ke lautan.

Karenanya, biar saja setiap orang, lebih-lebih yang mengaku aktivis penyampai jalan

kebenaran itu lelah jadi telaga. Dia jujur dan mengenali kelelahannya, itu yang penting. Dia

pun tidak wajib menyodorkan segelas es teh, tetapi juga berhak mendapatkan segelas es

teh. Selain itu, menjadi sebuah telaga bukan akhir dari proses untuk “menjadi”.

“Kenapa tidak menjadi samudera saja?” Barangkali itu yang akan kita tanyakan.

Samudera itu luas. Kandungannya banyak. Nelayan-nelayan mencari ikan di dalamnya,

orang mengebor minyak bumi di lepas pantainya, membangun kota-kota pelabuhan di tepinya, dan berlayar di atasnya. Para penemu benua baru mengalami proses kematangan mental terpenting dalam hidupnya setelah mengarungi keluasannya. Memang, samudera tidak sejernih dan setenang telaga yang indah karena kecilnya, tetapi sering membuat orang terperangah dan kecut karena keluasannya. Jika badai terjadi di tengah samudera, kapal-kapal kecil tinggal menunggu kehancurannya. Jika badai raksasa datang menggulung, bahkan kota-kota yang ada di sekelilingnya pun bisa hilang dalam sekejap. Namun, telaga bisa kering, dan makhluk di sekitarnya pun bisa mati kehausan kelaparan.

Jika telaga ada di balik hati, samudera kemanusiaan pun tampaknya susah untuk ditunjuk

oleh sebuah kalimat. Ini lantaran keluasannya dan kedalamannya. Seorang yang ikhlas

menemukan samudera di ujung amal kesehariannya yang diniatkan secara tulus karena

Allah semata. Tetapi, seorang perindu Allah dapat juga menemukan samuderanya

bersamaan dengan kehadiran seseorang yang ikhlas menerimanya. Samudera itu dapat

bersama dengan hadirnya seorang sahabat perempuan atau lelaki, atau bahkan anak-anak

seusia yang belajar alif, ba, ta, di TPA. Karena samudera kemanusiaan amat berdimensi

Ilahi. Bahkan dalam tingkat kesujudan tertentu, samudera kemanusiaan adalah Allah

sendiri yang luas dan dalamnya tak terbatas.

Menyamudera adalah proses tanpa akhir, karena akhirnya adalah samudera itu sendiri.

Menyamudera adalah proses yang lebih jujur dan dinamis, dan menantang daripada

menjadi telaga. Karena pada saat itu manusia tidak sedang unjuk kekuatan dan segala

atribut kepentingan, tetapi sedang sedang berjalan menuju-Nya.

Menjadi telaga atau samudera pada dasarnya adalah pilihan bebas bagi siapa saja; atau

justru dipilih kedua-duanya. Telaga dalam diri kita tidak harus kita cari dalam kedalaman

spiritual. Tetapi terkadang dalam kesahajaan dan kesederhanaan yang dilandasi dengan

kesadaran spiritual. Untuk menjadi telaga atau samudera sama-sama harus mengubah diri

kita menjadi air terlebih dahulu, menepati ruang, sesuai dengan tempatnya, transparan

meskipun air tidak harus mengubah dirinya menjadi benda lain. Air telaga dan samudera

adalah air yang keberadaannya berasal dari air-air mengalir yang bisa jadi memerlukan

proses panjang berliku. Justru dengan proses inilah, kematangan dan kearifan hidup dapat

dicapai. Proses panjang untuk menuju proses menjadi inilah yang menurut Jalaluddin

Rummi sebagai proses ‘cinta’, karena segala eksistensi yang berjalan menuju-Nya adalah

sebuah perjalanan kekal. Hanya dengan cintalah diri kita akan mampu berubah menjadi

telaga atau samudera.

Dan pada akhirnya, bagi siapa saja yang dalam dirinya tersemai kesadaran melakukan

perbaikan, baik bagi dirinya maupun orang lain, dengan apa yang selama ini kita sebut

dakwah dalam dimensi sosial keagamaan, senantiasa dituntut untuk memiliki ketenangan

dan semangat yang mengerakkan. Ia harus menjadi telaga atau samudera. Atau ia harus

menciptakan kedua-duanya dalam kesadaran di balik dadanya. (Dip)

Sumber : Refleksi Digital Journal Al-Manär Edisi I/2004

Copyleft 2004 Digital Journal Al-Manär

Tidak ada komentar:

Posting Komentar